Proses Keputusan Membeli
Keputusan seorang pembeli juga dipengaruhi oleh
ciri-ciri kepribadiannya, termasuk usia, pekerjaan, keadaan ekonomi. Perilaku
konsumen akan menentukan proses pengambilan keputusan dalam melakukan
pembelian.
Menurut Kotler (1997) ada beberapa tahap dalam mengambil suatu
keputusan untuk melakukan pembelian, anatara lain:
1. Pengenalan Masalah
Merupakan faktor terpenting
dalam melakukan proses pembelian, dimana pembeli akan mengenali suatu masalah
atau kebutuhan.
2. Pencarian informasi.
Seorang selalu mempunyai
minat atau dorongan untuk mencari informasi. Apabila dorongan tersebut kuat dan
obyek yang dapat memuaskan kebutuhan itu tersedia maka konsumen akan bersedia
untuk membelinya.
3. Evaluasi Alternatif
Konsumen akan mempunyai
pilihan yang tepat dan membuat pilihan alternatif secara teliti terhadap produk
yang akan dibelinya.
4. Keputusan Pembeli
Setelah konsumen mempunyai
evaluasi alternatif maka konsumen akan membuat keputusan untuk membeli.
Penilaian keputusan menyebabkan konsumen membentuk pilihan merek di antara
beberapa merek yang tersedia.
5. Evaluasi Pasca Pembalian
Merupakan proses
evaluasi yang dilakukan konsumen tidak hanya berakhir pada tahap pembuatan
keputusan pembelian. Setelah membeli produk tersebut, konsumen akan melakukan
evaluasi apakah produk tersebut sesuai dengan harapannya. Dalam hal ini,
terjadi kepuasan dan ketidakpuasan konsumen. Konsumen akan puas jika produk
tersebut sesuai dengan harapannya dan selanjutnya akan meningkatkan permintaan
terhadap produk tersebut di masa depan. Sebaliknya, konsumen akan merasa tidak
puas jika produk tersebut tidak sesuai dengan harapannya dan hal ini akan
menurunkan permintaan konsumen di masa depan.
Memilih Alternatif Terbaik
Di dalam pengambilan keputusan, pengambil keputusan
harus memilih salah satu alternatif di antara banyak alternatif. Pemilihan
dapat dilakukan berdasarkan pada kriteria tertentu, kompromi, atau tekanan.
Memang harus diakui ada hasil keputusan yang memuaskan semua pihak tetapi ada
juga yang merugikan pihak lain.
Memilih Sumber-sumber Pembelian
Pencarian informasi dapat bersifat aktif atau
pasif, internal atau eksternal, pencarian informasi yang bersifat aktif dapat
berupa kunjungan terhadap beberapa toko untuk membuat perbandingan harga dan
kualitas produk, sedangkan pencarian informasi pasif hanya dengan membaca iklan
di majalah atau surat kabar tanpa mempunyai tujuan khusus tentang gambaran
produk yang diinginkan.Pencarian informasi internal tentang sumber – sumber
pembelian dapat berasal dari komunikasi perorangan dan pengaruh perorangan yang
terutama berasal dari komunikasi perorangan dan pengaruh perorangan yang
terutama berasal dari pelopor opini, sedangkan informasi eksternal berasal dari
media masa dan sumber informasi dari kegiatan pemasaran perusahaan.
• Sumber pribadi : keluarga, teman, tetangga,
kenalan.
• Sumber komersial : Iklan, wiraniaga, agen, kemasan, pajangan.
•
Sumber publik : media massa, organisasi penilai konsumen.
• Sumber pengalaman :
penanganan, pemeriksaan dan menggunakan produk.
Sumber: www.bappenas.go.id/get-file-server/node/8567/
No comments:
Post a Comment